SIGN

Cast:
Park Shin Yang Sebagai Yoon Ji Hoon
Kim Ah Joong Sebagai Go Da Kyung
Uhm Ji Won Sebagai Jung Woo Jin
Jung Gyu Woon Sebagai Choi Yi Han
Jun Kwang Ryul Sebagai Lee Myung Han
Song Jae Ho Sebagai Jung Byung Do
Jang Hyun Sung Sebagai Jang Min Suk
Ahn Moon Sook Sebagai Hong Sook Joo
Jung Eun Pyo Sebagai Kim Wan Tae
Im Ho Gul Sebagai Jang Jae Young
Moon Chun Shik Sebagai Ahn Sung Jin
Kwon Byung Gil Sebagai Goo Sung Tae
Lee Jung Hyun Sebagai Joo In Hyuk
Kim Kyung Bum Sebagai Park Tae Gyu
Jung Seung Ho Sebagai Go Kang Shik
Kim Young Sun Sebagai Jung Eun Mo
Hwang Sun Hee as Kang Seo Yeon
Park Young Ji as Kang Joon Hyuk
Kim Eung Soo as superintendent prosecutor
Yoo Hee Jung as Mi Young
Kim Han Joon as Kang Yong Hwa
Oh Hyun Chul as Woo Jae Won
Park Gun Il as Seo Yoon Hyung
Supernova as VOICE (cameo)



Drama yang satu ini menceritakan bagaimana penyelidikan tentang dokter forensik yang memecahkan kasus pembunuhan. Dokter ini bertugas memeriksa kematian seseorang yang meninggal dengan tidak wajar atau ada unsur kesengajaan. Yoon Ji Hoon (Park Shin Yang) yang merupakan pakar dalam dunia kedokteran di bidang forensik dan mempunyai keterampilan kelas dunia namun memiliki kepribadian yang unik.

Dalam memecahkan kasus pembunuhan, Yoon Ji Hoon dibantu oleh seorang wanita yang pada awalnya merupakan petugas crime scene khusus fotografi bernama Go Da Kyung (Kim Ah Joong) yang memiliki ketertarikan dan antusias untuk memeriksa bukti - bukti di lokasi kejadian daripada memeriksa di kamar mayat ataupun di laboratorium.

Di episode pertama ini di ceritakan tentang seorang artis yang di temukan sudah tidak bernyawa dalam sebuah konsernya. Artis tersebut adalah Seo Yoon Hyung yang merupakan seorang leader dari sebuah boyband Voice. Kematian Yoon Hyung ini memliki dampak yang cukup besar karena Voice sedang dalam konser terbesar mereka, dan saat itu para personil Voice sedang istirahat sebentar. Lalu Jung Woo Jin (Uhm Ji Won) yang bertindak sebagai jaksa dan Choi Yi Han (Jung Gyu Woon) menginterogasi anggota boy bandnya dan juga agensinya. Tidak hanya mereka, sang kekasihnya pun tidak luput dari incaran interogasi. Pihak kejaksaan meminta Lee Myung Han (Jun Kwang Ryul) untuk mengotopsi mayat Yoon Hung, kasus ini menjadi aneh ketika National Forensic Services (NFS) tidak memiliki mandat atas mayat Yoon Hyung. Padahal pihak kejaksaan selalu mempercayakan NFS untuk memeriksa mayat agar mengetahui penyebab dari kematian orang yang sudah meninggal tersebut. Ji Hoon merasa ada sesuatu hal yang tidak beres, terlebih lagi mayat Yoon Hyung akan diotopsi oleh Myung Han yang merupakan rival dari Ji Hoon dan berbeda prinsip dalam hal dunia forensik, walaupun Myung Han lebih senior dibandingkan dengan Ji Hoon.

Ji Hoon nekat melakukan otopsi tanpa sepengetahuan NFS dan secara tidak sengaja Da Kyung membantu operasi tersebut. Hasilnya mengejutkan, bahwa Yoon Hyung meninggal karena kehabisan nafas ditemukan serabut (benang) di dalam tubuh Yoon Hyung sebagaii barang bukti pembunuhan. Yang menjadi pertanyaan adalah Yoon Hyung masih muda dan cukup kuat untuk melawan saat pembunuhan itu terjadi, tetapi kenapa dia seakan tidak melawan dan tubuhnya lemas tak berdaya saat pembunuhan itu terjadi. Usut punya usut pembunuh Yoon Hyung adalah seseorang yang memiliki background dan support yang sangat kuat di Korea, sehingga kematian Yoon Hyung dipalsukan bukan mati karena kehabisan nafas tetapi karena dibunuh oleh asistennya dengan asam sianida. Pengdeklarasian tersebut dilakukan oleh Myung Han. Jung Byung Do sebagai kepala NFS dan mentor dari Ji Hoon sudah berusaha keras membantu tetapi akhirnya menyerah karena Myung Han mengancam akan memberitahukan masa lalu kelam yang berhubungan dengan ayah Ji Hoon.

Karena operasi yang tanpa ijin NFS, Ji Hoon di mutasi di NFS bagian selatan Korea yang sangat terpencil dan Da Kyung berhenti dari pekerjaannya karena dia mendapatkan kenytaan yang menyakitkan. Tetapi walaupun begitu mereka tidak putus asa. 1 tahun kemudian, Da Kyung akhirnya diterima di NFS dan dipekerjakan di NFS bagian selatan (hehe... ketemu Ji Hoon). Lalu terdapat kasus baru atas pembunuhan terhadap wanita muda yang selalu terdapat tanda burung di dadanya. Kasus ini akan membawa Ji Hoon dan Da Kyung kembali ke NFS pusat dan masih berharap mampu membuktikan kematian Yoon Hyung yang dipalsukan.

Tidak begitu banyak kasus dalam 20 episode Sign, kasus kematian Yoon Hyung merupakan kasus yang berbuntut panjang, terutama 6 episode ending dari series ini. Kasus2 lain yaitu pembunuhan terhadap mafia korea oleh tentara Amerika, pembunuhan 4 orang yang bekerja di perusahaan yang dulu ayah Ji Hoon bekerja dan menyangkut kematian ayah Ji Hoon, kasus karena masalah asuransi di tempat terpencil, dan kasus pembunuhan terhadap wanita yang peristiwanya mirip dengan pembunuhan adik Da Kyung. Jangan berharap akan seperti serial CSI (hollywood) yang 1 episode 1 kasus dan memiliki tempo cepat tetapi sangat menarik, karena korea tetaplah korea masih ada unsur mendramatisir dan adegan2 bengong. Selain itu jangan pernah berharap ada adegan romantis, walaupun Ji Hoon dan Woo Jin dulu pacaran, Da Kyung yang diam2 suka dengan Ji Hoon, atau Yi han yang juga diam2 suka dengan Woo Jin. Dijamin ga ada romantis2an. Lagunyapun ga ada yang menyayat hati, yang paling saya suka adalah lagu ketika mereka beraksi mengotopsi mayat, mirip2 iringan strings aransemen Coldplay Viva la Vida. Pas banget!!!

Sad ending bisa dibilang dan tak bisa ditebak! Biasanya saya bisa menebak ending di 4-5 episode terakhir, tapi cara Ji Hoon mengungkapkan bahwa si Kang Seo Yeon yang membunuh Yoon Hyung bener2 tak terduga.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

author, saya numpang tanya.... waktu di ep 1, flashback ke 62 jam sebelumnya itu voice sempat menyanyikan salah satu lagu di panggung sebelum break. itu lagu judulnya apa thor ?

 
Copyright 2011 widiwik.
Thanks to: , , .